Menu Masakan Jepang Yang Harus Kamu Ketahui

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Sashimi, Harus Segar!

Di indonesia salah satu budaya jepang yang sangat kental yaitu dilihat dari kulinernya, di indonesia sudah sangat banyak restoran-restoran ala jepang yang menjual berbagai macam makanan yang memang khas negeri sakura. beberapa dari kita pasti hanya tahu makanan jepang seperti sushi, ramen, udon dan makanan lainnya. padahal makanan dari jepang itu sangat beragam loh! pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa menu masakan jepang yang harus kamu ketahui juga.

  • Sashimi

Mungkin salah satu hidangan paling kontroversial di semua masakan Jepang, sashimi adalah ikan mentah atau daging yang telah dipotong secara ahli menjadi irisan tipis dan biasanya disajikan dengan lobak daikon, acar jahe, wasabi, dan kecap. Sashimi berbeda dari sushi karena semua sushi dibuat dengan nasi vinegared dan tidak selalu mengandung ikan mentah, sedangkan sashimi hampir seluruhnya adalah ikan mentah dan tidak pernah disajikan dengan nasi. Ikan yang digunakan untuk membuat sashimi harus sesegar mungkin, baik untuk meminimalkan risiko kontaminasi, dan karena ikan segar membuat sashimi lebih enak.

  • Ramen

Ramen adalah hidangan sup mie yang terdiri dari mie gandum (juga dikenal sebagai ‘mie ramen’), kaldu gurih (kecap, garam, miso, dan tulang babi tonkotsu(di Indonesia sering diganti menjadi ayam atau sapi) adalah empat basis kaldu ramen utama) dan topping daging, protein, dan / atau sayuran seperti irisan daging, rumput laut nori, daun bawang, rebung, dan lainnya. Ramen adalah salah satu makanan favorit mutlak Jepang saat ini, harganya sangat terjangkau dan tersedia secara luas di restoran dan bar ramen (yang ada di hampir setiap sudut jalan). Memang, ramen Jepang sangat populer sehingga ada museum / taman hiburan bertema ramen di Tokyo.

  • Donburi

Hidangan nasi mangkuk ini hampir sepopuler ramen di Jepang dan pilihan makan siang yang umum di kalangan pekerja Jepang yang sibuk. Donburi dibuat dengan menyiapkan (biasanya dengan mendidih atau menggoreng) berbagai daging, ikan dan sayuran dan menyajikan lebih dari nasi putih dalam mangkuk besar (juga disebut ‘donburi’). Sementara donburi dapat dibuat dengan menggunakan bermacam-macam bahan, jenis yang paling umum termasuk oyakodon (ayam rebus , telur, dan bawang merah), gyudon  (irisan daging sapi dan bawang yang direbus dalam basis sup kecap), tendon (potongan tempura goreng) gerimis dalam tsuyu), dan katsudon ( irisan daging babi yang dilapisi tepung dan digoreng, atau tonkatsu , dididihkan dalam tsuyu dengan bawang dan telur).

  • Natto

Dengan cara yang sama seperti Marmite memecah belah bangsa Inggris, demikian juga natto membagi Jepang. Makanan tradisional Jepang ini dibuat dengan memfermentasi kacang kedelai dalam jenis bakteri khusus yang diproduksi secara alami di saluran pencernaan manusia. Natto memiliki aroma yang kuat mirip dengan keju berjamur, serta tekstur lengket / berlendir yang banyak ditemukan tidak menyenangkan. Namun, banyak orang menyukai kacang kedelai fermentasi ini karena rasa asin dan gurih (atau umami ) yang bertubuh penuh dan nilai gizinya yang cukup. Apakah natto enak atau menjijikkan? Terserah Anda untuk memutuskan.

  • Oden

Musim dingin Jepang yang dingin tidak akan lengkap tanpa oden. Hidangan hot pot musim dingin ini, atau nabemono , dibuat dengan mengambil berbagai macam sayuran dan protein (termasuk kue ikan olahan, kue beras mochi, telur rebus, lobak daikon, konjac yam dan tahu), dan merebusnya dalam kaldu ringan yang dibumbui dengan kaldu ringan yang dibumbui dengan kecap asin dan dashi (kaldu sup yang terbuat dari infus serpihan ikan bonito, rumput laut kombu kelp, dan / atau bahan gurih lainnya) dalam panci panas besar di tengah meja. Pengunjung dapat mengambil bagian favorit mereka dan menikmati dengan mustard karashi dan bumbu lainnya. Selain sebagai makanan utama yang lezat, panci panas yang mendidih juga berfungsi sebagai pemanas umum di malam hari yang dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *