Mengenal Emas Antam Beserta Kelebihan Dan Risiko Menyimpannya

main image

Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, emas yang awalnya merupakan alat tukar ini sekarang telah menjadi instrument investasi yang cukup menarik. Logam mulai yang satu ini mudah diterima dan sangat likuid karena jumlah permintaannya yang selalu tinggi.

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di komoditas emas, apalagi jenis emas batangan, pasti banyak yang merekomendasikan supaya Anda memilih emas Antam. Emas Antam adalah emas hasil produksi PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai emas Antan, yuk simak fakta-fakta menarik tentang emas Antam dibawah ini :

  • Mengenal Emas Antam

Sebenarnya istilah emas Antam ini merujuk pada emas hasil produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. Sejak berdiri, Antam telah mengeluarkan emas dengan beberapa variasi ukuran mulai dari yang terkecil hingga yang tertinggi.

Berikut varian ukuran emas Antam mulai dari yang terkecil yaitu 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, hingga yang tertinggi yaitu 1.000 gram atau 1 kilogram.

Seiring dengan perkembangannya, emas produksi Antam juga berinovasi dengan memberlakukan sertifikat berbentuk chip dengan press serta menggunakan laminasi. Adanya dukungan sertifikat serta laminasi yang baik membuat emas produksi Antam ini diakui oleh LBMA (London Bullion Market Association). Tidak seperti emas perhiasaan pada umumnya, kadar emas Antam nyaris murni yaitu hingga 99,99 %.

  • Kelebihan Emas Antam

Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas emas Antam. Bahkan, emas produksinya juga kini telah memenuhi persyaratan kualitas ekspor. Konsumen loyalnya tidak hanya di Indonesia saja, namun juga tersebar di beberapa kawasan Eropa dan Asia. Lalu, apa saja kelebihan emas Antam?

  • Tidak Sulit Membeli Emas Antam

Teknologi informasi yang terus berkembang telah membawa perubahan yang cukup massif di beberapa lini, termasuk juga dalam investasi emas. Anda tidak perlu bersusah payah, karena kini banyak afiliasi dan partner resmi penjual emas Antam yang menyediakan pembelian secara online.

  • Emas Antam Tersedia Dalam Berbagai Ukuran

Variasi ukuran yang beragam mematahkan anggapan bahwa untuk berinvestasi emas itu dibutuhkan modal yang besar. Antam menyediakan emas dalam beberapa varian ukuran mulai dari yang terkecil 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, hingga yang tertinggi yaitu 1.000 gram atau 1 kilogram. Dengan tersedianya berbagai ukuran tersebut, kini investasi emas pun dapat disesuaikan dengan kemampuan budget Anda.

  • Kemasan Emas Antam Lebih Berkualitas Dan Aman

Sejak tahun 2018 lalu, Antam menghadirkan emas dengan kemasan yang lebih aman serta praktis. Sertifikatnya juga kini tidak lagi berupa kertas, namun berupa kartu yang merangkap pada kemasannya. Kartu yang dikenal dengan nama certicard ini dilengkapi dengan teknologi CertiEye, dimana Anda dapat mengecek keaslian emas secara langsung dengan hanya menggunakan aplikasi CertiEye di ponsel pintar Anda.

  • Apakah Menyimpan Emas Antam Ada Risikonya?

Tidak jauh berbeda dengan produk emas pada umumnya, risiko menyimpan emas Antam juga hanya berlaku dua hal saja yaitu :

  • Risiko Kehilangan

Karena emas Antam memiliki nilai ekonomi yang terbilang tinggi, sehingga membuatnya rentan menjadi sasaran pencurian.

  • Kenaikan Harga Yang Lambat

Harga emas yang cenderung stabil, membuatnya diibaratkan seperti dua sisi mata pisau. Dapat menguntungkan sekaligus dapat merugikan. Di satu sisi, harga emas yang stabil membuat nilainya tidak begitu fluktuatif, sehingga kemungkinan harga akan mengalami penurunan secara signifikan sangatlah kecil. Sayang, hal yang sama juga berlaku pada kenaikan harga emasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *