Film Bertema Olahraga yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Untuk menjadi seorang atlet yang hebat, diperlukan usaha dan kerja keras. Beberapa atlet hebat dunia yang kita kenal saat ini memiliki kisah perjuangan yang sangat inspiratif, dan tidak sedikit atlet yang memiliki kisah dramatis untuk meraih pencapaiannya menjadi atlet yang hebat.

Beberapa film di bawah ini berkisah tentang perjuangan atlet dan tim olahraga yang terinspirasi dari kisah nyata. Pastinya banyak pelajaran hidup dan hal baik yang kita contoh ya. Berikut referensi film olahraga yang terinspirasi dari kisah nyata. Kita simak sama – sama berita olahraga hari ini yuk!

  1. Coach Carter (2005)

Film yang dibintangi Samuel L Jackson ini berkisah tentang pelatih basket bernama Ken Carter yang melatih tim basket di SMA Richmond, California. Ken memiliki gaya melatih yang berbeda dari pelatih lain. Ken tidak segan – segan memberikan hukuman jika nilai akademik murid – muridnya buruk. Disiplin dan kerja keras sangat ditekankan oleh Coach Carter membuat timnya menjadi salah satu yang terbaik di California.

  1. Ali (2001)

Dibintangi oleh aktor ternama Will Smith, dari judulnya kita sudah bisa menebak film ini berisi tentang perjalanan hidup petinju kelas dunia, Muhammad Ali. Film ini menyajikan fakta – fakta Muhammad Ali yang jarang diketahui orang dan tersorot oleh media. Ali merupakan seorang pria kulit hitam Muslim yang memperjuangkan kaumnya sampai menjadi petinju kebanggaan Amerika. 

  1. Pele : Birth of a Legend (2016)

Siapa yang tidak tau dengan Pele? Pemain sepak bola dunia yang berasal Brazil ini ternyata memiliki kisah yang sangat inspiratif. Atlet bernama asli Edson Arantes do Nascimento atau Dico lahir dari sebuah keluarga kurang mampu di Brazil. Pele kecil bercita – cita untuk menjadi pemain tim nasional Brazil. Pele dilatih oleh ayahnya bermain menggunakan buah mangga. Ternyata, latihan itu sangat berpengaruh pada gaya bermain Pele yang fenomenal  sampai akhirnya Pele dapat bermain di Piala Dunia mewakili tim nasional Brazil. 

  1. Rush (2013)

Niki Lauda dan James Hunt merupakan dua rival pembalap F1 yang hebat pada tahun 1970an. Mereka berdua saling bergantian menjadi juara di ajang balap tersebut. Pada suatu saat, Niki Lauda mengalami kecelakaan hingga membuat seluruh badan dan mobilnya terbakar. Namun, semangat juang yang dimiliki Lauda menjadi pemicu utama untuk kembali ke lintasan, dan berusaha tetap menyaingi James Hunt untuk menjadi juara dunia.

  1. Cinderella Man (2005)

Berlatar pada tahun 1930an, film ini bercerita tentang kehidupan seorang petinju dunia bernama James J Braddock di era krisis ekonomi Amerika Serikat. Cerita Braddock merupakan kisah yang inspiratif, perjuangan untuk kembali bertanding di tengah krisis ekonomi dan pribadi yang tidak mudah menyerah membuatnya menjadi juara dunia di kelas berat.

  1. 42 (2013)

Film ini menceritakan sebuah drama dan revolusi dalam dunia olahraga. Pemain Brooklyn Dodgers, Jackie Robinson menjadi pemain baseball pertama keturunan Afrika yang main di tingkat professional. Tidak hanya ia memecahkan tembok rasisme di dalam dunia MLB namun juga olahraga di seluruh dunia. Film ini berlatar pada tahun 1946, dan diperankan oleh pemain film Black Panther, Chadwick Boseman.

  1. 3 Srikandi

3 Srikandi merupakan film yang berasal dari Indonesia. Menceritakan tentang tiga atlet panahan yang bertanding di Olimpiade Seoul 1988 dan pertama kalinya Indonesia meraih medali di ajang Olimpiade. Kisah 3 Srikandi berisi pesan perjuangan dan semangat yang tinggi untuk membanggakan negaranya. Wajib kalian tonton!

Film – film di atas bisa kamu jadikan penyemangat saat kalian merasa malas berolahraga atau butuh motivasi. Bukan hanya kalangan olahragawan lho, karena pesan – pesan dari film di atas akan memotivasi kalian dalam menjalani apapun agar lebih bersemangat dan pantang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *