Aplikasi Kredit Bisa Untuk Usaha. Begini Syaratnya!

Kecanggihan teknologi memberikan kemudahan kepada penggunanya tak terkecuali dalam mendapatkan modal hanya lewat aplikasi kredit saja. Bagi kamu yang saat ini sedang merintis usaha, kini kamu bisa melakukan pinjaman hanya dengan melalui aplikasi. 

Untuk mendapatkan pinjaman usaha dari aplikasi kredit, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Persyaratan ini sebagai salah satu filtering dan kebijakan OJK sehingga mengurangi potensi kredit macet. Jika tidak ada filtering persyaratan dari aplikasi pinjaman, patut diwaspadai modus pinjaman online ilegal mencari calon korbannya. 

Berikut adalah beberapa persyaratan dasar yang wajib disiapkan saat mengajukan pinjaman lewat pinjaman aplikasi online. 

Siapkan E-KTP 

Selain sebagai data diri, KTP merupakan syarat wajib untuk melakukan pinjaman. Sebagai bentuk verifikasi atas data yang telah kamu berikan. Kamu akan diminta untuk melampirkan data berupa E-KTP atau foto dengan E-KTP yang kamu miliki.

Tanpa KTP, kamu akan kesulitan untuk mencairkan dana mereka. Jadi, untuk kamu yang belum memiliki E-KTP, kamu bisa segera membuatnya.

Berumur Setidaknya 18 Tahun

Syarat mengajukan pinjaman selanjutnya adalah sudah berusia 18 tahun. Hal ini berdasarkan pada rata-rata usia kematangan dan penghasilan masyarakat Indonesia. Tentu ada batas limit sesuai umur dalam beberapa ketentuan. 

Bagi kamu yang masih berusia di bawah umur 18 tahun, ada baiknya menunggu sampai batas umur yang telah berlaku, supaya pinjaman kamu tidak tertolak nantinya.

Domisili Indonesia

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah calon nasabah harus berdomisili di Indonesia dan merupakan  warga Negara Indonesia. Sedangkan bagi kamu yang tinggal di luar Indonesia, bisa jadi akan mengalami kesulitan pada saat proses pengecekan data.

Dengan tempat kedudukan yang sama dengan jangkauan pelayanan pinjaman, akan memudahkan proses pencairan dana dan persyaratan lain terkait pinjaman. Jadi, jika pengajuan pinjamanmu tertolak, mungkin kamu sedang berada diluar jangkauan. Sebab kamu tidak masuk kepada syarat pinjaman dan cakupan wilayah.

Untuk keamanan pengguna dan kemudahan akses oleh calon nasabah, aplikasi domisili tersebut menjadi ketentuan yang mutlak. 

Slip Gaji Terakhir

Untuk memastikan bahwa kamu telah memiliki penghasilan, ada baiknya kamu perlu menyiapkan slip gaji. Hal ini sebagai dokumen penunjang agar pengajuan tersebut lebih cepat cair. Syarat adanya slip gaji ini juga sebagai bentuk pengecekan lebih lanjut oleh pihak penyedia pinjaman  mengenai kebenaran data yang telah kamu lakukan. 

Apakah semua pinjaman mensyaratkan slip gaji? Tidak semua. Karena ada juga pinjaman online yang sudah memanfaatkan teknologi digital dengan menghubungkan akun bank serta transaksi online di marketplace. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi para pekerja lepas atau wiraswasta yang memang tidak punya slip gaji. 

Seperti Kredivo contohnya memberikan opsi pilihan dokumen persyaratan. Boleh dengan slip gaji atau tanpa slip gaji. Namun, untuk persyaratan dokumen tanpa slip gaji memang masih terbatas pada limit pinjaman yang diberikan tidak bisa maksimal hingga Rp30 juta. Persyaratan bagi member premium tetap mensyaratkan bukti penghasilan lewat slip gaji.

Namun demikian, Kredivo tetap fleksibel soal persyaratan dan pendaftaran. Bunga yang ditawarkan pun terbilang rendah hanya 2,6% per bulan. Tidak ada uang muka, apalagi biaya layanan. Hanya ada biaya admin untuk pinjaman tunai dan pay later saja. Selebihnya tidak ada biaya untuk produk cicilan. 

NPWP 

NPWP merupakan syarat wajib yang harus ada ketika kamu memiliki usaha. NPWP digunakan sebagai tanda bukti wajib pajak, agar pinjaman yang berlaku, dapat terekam pada database milik pemerintah. Sebagai warga yang baik, tentu harus taat pajak bukan?

Nah, demi kelancaran melakukan pinjaman dan verifikasi data, sebaiknya kamu juga perlu mempersiapkannya. Untuk pinjaman online yang khusus menyasar para pelaku usaha memang mensyaratkan NPWP. Tetapi, untuk pinjaman online yang general, pada dasarnya tidak mewajibkan NPWP. Sehingga apapun penggunaan dananya, tetap menjadi hak debitur dalam menggunakannya. 

Rekening Bank 

Rekening Bank merupakan prasyarat wajib yang harus kamu sertakan. Sebab, ke mana dana pinjaman online akan di transfer jika nasabah tidak memiliki rekening? Jika belum memilikinya dan berencana mengajukan pinjaman usaha, sebaiknya segera kamu buat, sebab butuh juga dilampirkan sebagai salah satu syarat pinjaman.

Nomor Handphone Aktif 

Saat ini, kemudahan berkomunikasi menjadi semakin maju dan berkembang pesat. Karena itu penting untuk kamu memberikan nomor telepon yang aktif dan mudah dihubungi. 

Bila kamu susah dihubungi lewat telepon, bisa jadi akan menyebabkan pinjaman yang diajukan sulit cair. Selain untuk melakukan konfirmasi, telepon yang aktif akan memudahkan dalam pemantauan terhadap cicilan yang telah kamu bayarkan.

Email Aktif

Syarat lain yang tidak kalah penting adalah electronic mail alias email. Selain sebagai verifikasi data dan aktivasi akun, email juga digunakan sebagai media pemberitahuan terkait pinjaman yang diajukan. Alamat email menjadi salah satu hal yang harus kamu miliki sebagai calon nasabah, termasuk untuk melengkapi formulir data diri.

Itulah persyaratan agar kamu bisa mencairkan dana melalui aplikasi kredit. Untuk mempermudah verifikasi, hingga pencairan, persiapkan semua syarat di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *