7 Jenis Jagung yang Biasa Diolah di Indonesia

Agar Tetap Manis dan Tidak Kering, Ternyata Begini Tips Menyimpan Jagung  dengan Tepat - TaniHub Insight
source gambar : tanihub.com

Ternyata ada banyak macam jenis jagung yang ada di Indonesia. Ada yang bisa dikonsumsi secara langsung, ada yang harus diolah terlebih dahulu, ada yang diperuntukkan untuk pakan ternak.

Tidak pula yang suka dengan jagung yang masih muda. Biasanya jagung ini digunakan untuk sayuran.

Nah, berikut ini beberapa jenis jagung di Indonesia yang bisa dikonsumsi dan yang digunakan untuk pakan ternak.

  • Jagung Manis

Dari namanya jelas, jagung ini banyak digunakan untuk berbagai macam olahan makanan. Mulai dari jagung godok, cemilan jagung susu keju, jagung bakar, dibuat sayur asam,, lodeh, dan masih banyak lainnya.

Karakteristik dari jagung ini berupa biji berwarna kuning dan bijinya berukuran sedang. Biasanya jagung jenis ini akan dipetik saat masih muda.

Karena pada saat masih muda kandungan gulanya sangat tinggi. Jika sudah tua, jagung ini akan mengkerut dan warnanya transparan.

  • Jagung Gigi Kuda

Dari namanya jagung ini memiliki ukuran biji yang besar, terdapat lekukan di bagian tengahnya, dan warnanya kuning.

Kandungan pati pada jagung ini cukup tinggi. Biasanya digunakan untuk olahan makanan seperti tepung jagung, keripik jagung, roti jagung, dan olahan lainnya.

Sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu putih dan kuning. Jagung dengan warna putih untuk kebutuhan pakan ternak dan industri, sedangkan yang kuning seperti disebutkan sebelumnya.

  • Jagung Mutiara

Karakteristik khas dari jagung ini memiliki warna biji merah, putih, dan kuning. Bentuk bijinya bulat, dan ukurannya kecil.

Jagung jenis ini sangat tahan terhadap hama, dan bisa dikonsumsi manusia, maupun sebagai pakan ternak.

  • Jagung Pod

Jagung jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda dari jagung lainnya. Seluruh bagian jagung diselimuti kelobot, dan banyak disebut sebagai jagung liar.

Karena bentuknya ini, jagung ini biasanya hanya digunakan untuk pakan ternak.

  • Jagung Berondong

Jagung ini populer dengan sebutan popcorn. Jagung yang digunakan untuk cemilan yang populer ini memiliki bentuk biji yang kecil dan sangat keras.

Kelembabannya pun relatif besar, yaitu antara 14% sampai 20%. Fungsi dari kelembaban ini jika dipanaskan akan menguap dan mengembang hingga 30 kali lebih besar.

  • Jagung Ketan

Jagung yang satu ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Karena jagung ini bisa diolah menjadi berbagai jenis produk makanan yang cukup banyak.

Karakteristik dari jagung ini memiliki biji yang kecil, mengkilap, dan akan lengket saat dimasak. Kandungan amilopektin di dalamnya sangat tinggi, dan membuat banyak industri menggunakannya untuk berbagai produk.

Bahkan ada industri yang menggunakannya sebagai bahan perekat, kertas, tekstil, dan lain sebagainya.

  • Jagung Tepung

Jagung yang satu ini memang diperuntukkan untuk tepung jagung. Kandungan pati di dalamnya sangat tinggi, jika dipanaskan maka akan mudah sekali pecah.

Jagung ini menjadi bahan utama dalam pembuatan tepung maizena.

Dapatkan berbagai jenis jagung terbaik di Tanihub.com. Ada banyak petani lokal yang pastinya memberikan jagung kualitas terbaik.

Di Tanihub.com Anda akan mendapatkan jagung dengan sangat cepat. Pesan di hari ini, maka besok sudah sampai di meja dapur Anda.

Tanihub.com juga menyediakan suplai produk pertanian untuk kebutuhan rumah tangga dan bisnis. Sehingga ketersediaannya akan terus terjaga dengan sangat baik, dan mampu memenuhi semua kebutuhan para konsumen.

Itulah berbagai jenis jagung yang ada di Indonesia dan banyak digunakan untuk olahan makanan. Jadi, dapatkan produk pertanian terbaik terutama jagung di Tanihub.com sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *