10 Contoh Ucapan Belasungkawa Islami Yang Tulus Dan Menyentuh Hati

9 Ide Ucapan Belasungkawa dalam Bahasa Jawa, Doa Baik dan Sarat Makna

Mengucapkan rasa duka cita terkadang merupakan hal yang sulit. Menyampaikan rasa belasungkawa memang bukan hal mudah. Sebab, momen berduka cita merupakan hal yang sensitif bagi mereka yang baru saja merasa kehilangan orang yang disayanginya.

Mereka sedang membutuhkan dukungan untuk bisa tetap kuat dan tabah dalam menjalani hidup. Karena itu, alangkah baiknya jika kamu bisa menjaga perasaan mereka dengan merangkai kalimat belasungkawa yang tulus.

Bagi kamu yang sedang kehilangan kata – kata, beberapa ucapan belasungkawa Islami dibawah ini mungkin bisa membantumu. Setiap kalimatnya menyentuh serta berisi doa – doa untuk orang yang meninggal dan orang – orang yang ditinggalkannya.

Berikut dibawah ini contoh ucapan belasungkawa Islami yang tulus dan menyentuh hati :

  1. Ucapan Belangsungkawa Islami Singkat
  2. “Inna lillahi wa inna ilahi raji’un. Saya beserta keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah, Allah SWT kelak pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga.”
  3. “Inna lillahi wa inna ilahi raji’un. Saya turut berduka atas apa yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga Allah SWT memberi kamu kekuatan untuk menjalani ini semua. Saya dan keluarga turut berbelasungkawa yang sedalam – dalamnya.”
  4. “Inna lillahi wa inna ilahi raji’un. Percayalah semua cobaan yang diberikan oleh Allah SWT itu mengandung sebuah hikmah kehidupam. Kita dibolehkan bersedih, namun kesedihan itu tidak akan merubah keadaan menjadi lebih baik dan juga tidak akan membuat dia yang telah meninggalkan kita bisa kembali lagi.”
  5. “Inna lillahi wa inna ilahi raji’un. Kesedihan yang sedang dirasakan merupakan tanda bahwa kamu sangat mencintainya. Namun jangan risau, dia kini sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanyalah sementara, sebab kamu akan bertemu kembali dengannya kelak di surganya Allah SWT.”
  6. “Inna lillahi wa inna ilahi raji’un. Semua ini merupakan rencana baik Allah SWT. Kamu harus menerima kepergiannya dengan iklas, tabah, dan hati lapang.”
  7. Ucapan Belasungkawa Islami Bahasa Arab
  8. “Ahsanallahu azaaka wa jabaro mushabaka wa ghafaro li mayyitika wa rahimahu wa khalafahu fii aqibihi bikhairin.”

Artinya : “Semoga Allah SWT memberikan dirimu pelipur lara. Semoa ia memberikan kebaikan atas musibahmu, mengampuni si mayyit, melimpahkan rahmat dan menggantikannya dengan yang lebih baik.”

  • “Inna fillahi ‘azaa an min kula faa’itin, wa kholfam min kulli haaliki, fabillahi taqwan waiyaahu faarijuu fainnal mushooba min haromil tsawaab.”

Artinya : “Sesungguhnya Allah SWT akan memberimu sebuah pelipur lara untuk segala yang telah hilang dan memberi ganti bagi segala yang musnah. Maka pada Allah engkau bertakwa, kembalilah pada Allah karena sesungguhnya orang yang tertimpa musibah bisa terhalangi oleh pahala.”

  • “Al-‘ainu tadmaghu wal qalbu yahzanu, walaa naqulu illa maa yardha rabbuna.”

Artinya : “Mata boleh menangis. Hati pun boleh bersedih. Namun, kami tidaklah berkata – kata kecuali apa yang diridhai Rabb kami.”

  • “Inna lillahi maa akhodza, walahu maa a’atho wa kullu syai in ‘indahu bi ajalim musammaa..faltashbir walthahsib.”

Artinya : “Sesungguhnya, semua milik Allah SWT, segala sesuatu apa yang diambil dan juga apa yang diberikan.”

  • “A’zhomallohu ajroka wa ahsana ‘azaaka wa rohima mayyitaka.”

Artinya : “Semoga Allah melipatkan pahalamu, memberimu pelipur lara yang baik, dan semoga Dia memberikan rahmat kepada si mayyit.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *