Jadwal SIM Keliling dan SAMSAT Keliling (STNK) Manado

Jika Anda warga Lolak, Molibagu, Tutuyan, Boroko, Tahuna, Ondong Siau, Melonguane, Tondano, Amurang, Ratahan, Airmadidi, maka Anda patut mengetahui jadwal SIM keliling dan SAMSAT keliling (STNK) Manado

Hal ini terutama jika Anda tinggal di kota Manado karena keperluan bekerja atau kuliah. Tidak sedikit warga kabupaten Manado yang merasa kesulitan saat harus memperpanjang SIM atau STNK karena mereka tinggal di pusat kota.

 Awalnya, memang kebijakan mengurus perpanjangan SIM dan STNK hanya berlaku di kota dimana SIM atau STNK dikeluarkan. Saat ini, semua orang bisa melakukan proses pengurusan surat berkendara di mana saja setelah SAMSAT online diluncurkan. 

Kabar baik lainnya adalah jasa SAMSAT keliling ini juga sudah merambah ke berbagai kabupaten Manado. Yuk, lanjut baca artikel ini untuk memudahkan Anda mengurus surat berkendara, tanpa takut bayar denda keterlambatan

Cari Tahu Jadwal SIM keliling dan SAMSAT keliling (STNK) Manado

Bagi warga Bolaang Mongondow, mereka sudah dapat memanfaatkan jasa SIM keliling yang sudah satu tahun beroperasi di desa Tutuyan III, yang terletak di kecamatan Tutuyan. Memang, mobil SIM keliling ini tidak setiap hari ada di kawasan tersebut. 

Tetapi kehadiran mobil untuk perpanjangan surat izin mengemudi ini pastinya dimanfaatkan secara makSIMal oleh warga sekitar. Jasa ini dapat dinikmati dalam waktu tiga hari. Selain untuk memudahkan warga sekitar, kehadiran mobil SIM keliling ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk disiplin dalam melakukan proses perpanjangan surat berkendara. 

Proses mengurus SIM sangat cepat, dan antrean tidak terlalu panjang seperti saat para warga Bolang Mongondow harus datang ke jl. A Yani, Kotamobagu. Biasanya, jasa SIM keliling ini tidak hanya dimanfaatkan oleh warga desa dan kecamatan Tutuyan III, tetapi juga masyarakat yang ada di wilayah Tombolikat Selatan. 

Keuntungan mengurus perpanjangan SIM dan STNK keliling di kawasan ini juga sama mudahnya dengan mengurus di SAMSAT pusat. Syarat-syaratnya tentu membawa SIM dan STNK asli serta fotokopi, uang administrasi serta surat kesehatan mata (untuk memperpanjang SIM). 

Jadwal SIM keliling dan SAMSAT keliling (STNK) Manado untuk warga kabupaten juga kerap diadakan di beberapa wilayah lainnya seperti Buyat dan Kotabunan. Semua proses berjalan cepat, yakni kurang dari 30 menit. Bahkan proses bisa saja berlangsung 15 menit, jika pemilik kendaraan membawa kelengkapan administrasi. 

Bagaimana Dengan Jadwal SIM keliling dan SAMSAT keliling (STNK) Manado di Wilayah Kabupaten Minahasa?

Kabupaten Minahasa yang berpusat di kota Tondano juga tidak pernah mengabaikan kepentingan masyarakat yang hendak memperpanjang SIM dan STNK. Jadwal mobil SAMSAT dan SIM keliling di wilayah ini biasanya diadakan saat ada Operasi Gabungan, sehingga warga yang saat itu terjaring razia dapat dengan mudah mengurusnya. 

Jasa ini sangat menguntungkan. Warga Tondano dan seluruh kabupaten Minahasa tidak mudah mengakses layanan perpanjangan surat berkendara, karena terkendala waktu dan tempat. Jasa SIM dan SAMSAT keliling juga menghindarkan mereka dari biaya tilang. 

Kantor SAMSAT pusat yang terletak di jalan Manguni tidak pernah sepi dari pengunjung. Inisiatif dari Pemerintah kabupaten Minahasa dan kepolisian resor kab. Minahasa untuk menyediakan jasa SIM dan SAMSAT keliling dapat memudahkan warga untuk tidak berbondong-bondong antre di kantor SAMSAT pusat. Selain itu, pemerintah kabupaten juga tetap mendapatkan pendapatan daerah melalui pembayaran pajak kendaraan. 

Hal yang sama juga diberlakukan oleh kepolisian resor dan pemerintah daerah Minahasa Utara. Jadwal SIM keliling dan SAMSAT keliling (STNK) Manado untuk wilayah Minahasa Utara sudah ada sejak tahun 2017 hingga kini. Bahkan, ada kurang lebih sepuluh titik strategis untuk penjadwalan SIM dan SAMSAT keliling ini yakni di kawasan Wori, Likupang Timur, Barat, dan Selatan, Kauditan, Kema, Dimembe, Airmadidi. 

Setiap wilayah mendapat giliran selama kurang lebih tiga hari untuk melayani pemilik kendaraan bermotor roda 2 dan 4. Dari semua titik tersebut, pelayanan SIM dan STNK keliling juga diberlakukan di jam yang kurang lebih sama, yakni dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang. 

Lalu, bagaimana dengan jadwal SIM keliling dan SAMSAT keliling (STNK) Manado di beberapa wilayah kabupaten lainnya seperti Talaud, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, dan Sangihe? Wilayah-wilayah ini memang tidak terlalu besar dan warganya pun tidak sebanyak di kota dan kabupaten Manado lainnya. 

Karena itulah, jasa SIM dan STNK keliling memang belum sering beroperasi. Tetapi, bukan berarti warga kesulitan dalam mengurus jasa perpanjangan SIM dan STNK. Mereka dapat mengakses SAMSAT secara online. Mereka tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga tenaga dan biaya. Warga Talaud yang memiliki waktu dapat langsung menuju kantor kepolisian resor Talaud di jln. Bhayangkara. 

Sedangkan warga Sangihe juga tidak perlu ragu mendatangi kantor Polres Sangihe yang berlokasi di jln Stadion Tona. Pengurusan surat-surat berkendara di kantor polres juga sangat mudah dan cepat, asalkan pemilik kendaraan telah membawa surat-surat lengkap sebagai syarat administrasi. 

Pentingnya Tahu Jadwal SIM Keliling dan SAMSAT Keliling (STNK) Manado

Mayoritas warga kabupaten Sulawesi Utara mencari nafkah di ibukota, yakni kota Manado. Beberapa tahun lalu, mereka sempat mengalami kesulitan saat harus melakukan perpanjangan masa berlaku dari SIM dan STNK, karena peraturan yang mengharuskan mereka melakukan perpanjangan di wilayah tempat SIM dan STNK diterbitkan.

Langkah pemerintah untuk melakukan sistem perpanjangan masa berlaku surat berkendara secara online tentu disambut gembira bagi warga kabupaten Sulawesi Utara, yang untuk sementara berdomisili di Manado. Nah, bagaimana jadwal SIM keliling dan SAMSAT keliling (STNK) Manado? 

Saat ini, jasa perpanjangan SIM dan STNK sudah tersedia di beberapa titik strategis di kota Manado yakni di Manado Town Square, Taman Kesatuan Bangsa dan Mega Mal. Semuanya ini adalah pusat perbelanjaan paling terkenal di Manado, dan menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu untuk berbelanja atau wisata kuliner. 

Keberadaan SAMSAT keliling di tiga pusat perbelanjaan ini tidak hanya menguntungkan bagi pemilik kendaraan, tetapi juga petugas SAMSAT dan polresta Manado secara keseluruhan. Antrean menumpuk yang biasanya terjadi di kantor polresta di jalan 17 Agustus bisa diminimalisir secara signifikan. Selain itu, pemilik kendaraan juga pasti lebih bersemangat dengan kehadiran jasa SIM dan STNK keliling di tempat yang adem dan nyaman seperti di mal, bukan? 

Jadwal SIM keliling dan SAMSAT keliling (STNK) Manado di tiga pusat perbelanjaan tersebut memang tidak sama dengan di SAMSAT. Jam buka SIM dan STNK keliling di mal tentu menyesuaikan dengan jam operasional dari mal tersebut, yakni jam 10.00. Loket ditutup pukul 15.00.  

Proses penyelesaian perpanjangan izin surat berkendara juga tidak lama, hanya butuh waktu kurang lebih 15 hingga 25 menit. Apalagi jika pemilik kendaraan membawa persyaratan lengkap untuk administrasinya. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *