Ini Dia Tips Memilih Vitamin Yang Tepat Untuk Anak

Setiap orangtuanya pastinya menginginkan yang terbaik bagi anaknya, begitu juga dengan masalah kesehatannya. Dimasa pertumbuhannya anak akan membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi, membutuhkan suplemen bagi tambahan asupan vitaminnya, mineral dan juga berbagai zat yang diperlukan si kecil dimasanya itu. Menurut seorang ahli akupuntur, herbalis, dan ahli gizi, yaitu Jennifer Crain mengatakan jika makanan sehat yang bervariasi merupakan sumber terbaik dari vitamin dan mineral bagi anak anak. Crain mengatakan jika anak kondisinya sehat tanpa mengalami masalah kesehatan yang kronis maka sebaiknya pemberian suplemen harus diberikan seminim mungkin.

Sedangkan sebuah riset yang dilakukan di California AS oleh UC Davis University yang dipublikasikan didalam jurnal Pediatric dan Adolescent Medicine menemukan jika remaja di AS kebanyakannya akan mengkonsumsi vitamin didalam setiap harinya, yang sebenarnya mereka tidak memerlukan vitamin itu. Didalam studi ini justru ditemukan kebalikannya yaitu anak anak yang perlu medapatkan vitamin malah justru tidak mendapatkannya. Hal ini biasanya akan terjadi pada anak anak yang hidup dalam sebuah keluarga dengan kemampuan ekonomi yang rendah.

Sedangkan menurut Dr Anatoly Belilovsky selaku ahli gizi dari Americhoice Center Of Excellence In Pediatric Care yang mengatakan jika sebanyak 24 % remaja di AS kekurangan Vitamin D. Selain itu sekitar 10 hingga 30 % balita di AS juga tidak terpenuhi kebutuhan zat besinya. Jika pada akhirnya si kecil setiap harinya diberi vitamin maka jangan lupa untuk tetap memberikan asupan makanan yang sehat dan juga bervariasi. Begitu juga dengan aktivitas fisik yang cukup didalam setiap harinya. Dr Belilovsky juga mengatakan ketergantungan pada vitamin anak akan beresiko terhadap kesehatan anak karena tidak tercukupinya kebutuhan akan asupan nutrisinya seperti protein, karbohidrat, lemak, dan juga yang menghasilkan energi. Dr Belilovsky juga mengatakan jika vitamin tidak akan bisa menggantikan tenaga yang dikeluarkan pada saat anak pada saat melakukan aktivitas yang membutuhkan kardio dan juga kemampuan yang berat.

Supaya pemberian vitamin ini tepat maka ikutilah tips tips dibawah ini :

  • Pastikan memilih suplemen yang sesuai dengan kebutuhan anak.
  • Pilihlah suplemen yang memang dikhususkan untuk anak, dan hindari menggunakan vitamin yang diperuntukkan bagi semua usia. Sebaiknya juga memilih vitamin yang rasanya enak dan mudah untuk dikonsumsi.
  • Pilih vitamin yang kecil dosisnya. Karena vitamin larut lemak didalam suplemen tertentu jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar maka akan tertimbun didalam jaringan tubuh.
  • Pilih vitamin yang komposisinya itu sesuai dengan standar. Dan perhatikan juga label manfaat, dosis, cara penyimpanan, dan juga peringatan dari pemakaian sebuah produk vitamin. Pastikan vitamin yang dipilih terdaftar di BPOM Departemen Kesehatan. Jika merasa kurang jelas dengan vitamin yang akan dipilih maka jangan ragu untuk bertanya atau konsultasi kepada dokter.
  • Jika anak sedang mengidap sebuah penyakit maka pastikan jika vitamin yang dikonsumsinya tidak akan menyebabkan kontraindikasi terhadap penyakit yang dideritanya.

Itulah beberapa barang perlengkapan bayi yang wajib dibeli. Supaya tumbuh kembang si kecil bauk dimasa pertumbuhannya maka selain memberikan vitamin kepadanya tetapi juga harus tetap memberikan asupan yang sehat dan bergizi pada si kecil. Sebelum memutuskan memilih vitamin yang tepat untuk anak maka sebaiknya terlebih dahulu mengkonsultasikannya dengan dokter. Sehingga nantinya akan diketahui apakah anak kita boleh mengkonsumsi suplemen atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *